Selasa, 13 Desember 2011

PASAR DALAM KEGIATAN EKONOMI


Secara sederhana pasar dapat diartikan sebagai tempat bertemunya antara pembeli dan penjual. Definisi tersebut, ternyata bersifat tradisional sebab dengan kemajuan teknilogi dn informasi pembelian dan penjualan barang tidak harus bertemu secara langsung pada suatu tempat, tetapi pembeli memesan barang dapat lewat telepon atau lewat surat atau perantara lainnya. Pasar dapat diartikan sebagai situasi dimana permintaan dan penawaran bertemu untuk melakukan transaksi.
                Apabila berbicara mengenai pasar,seringkali dapat dibedakan berdasarkan pada barang yang diperdagangkan, jenis, waktu, luas kegiatan distribusi, bentuk, dan banyaknya penjual dan pembeli 
a.       Berdasarkan Barang yang Diperdagangkan
Macam pasar seperti ini,barang yang diperdagangkan dapat berupa barang konsumsi dan barang sumber daya produksi
1)      Pasar barang konsumsi adalah pasar yang menjual barang-barang konsumsi yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia
2)      Pasar sumber daya produksi adalah pasar yang menjual barang-barang sumber daya produksi yang akan digunakan untuk kelancaran proses produksi
b.      Berdasarkan Jenisnya
Kegiatan yang digunakan sebagai tolak ukur dari pasar ini aalah berkaitan dengan cara penjual dan pembeli bertemu dalam hubungan denagn transaksi jual beli. Berdasarkan jenisnya pasar dapat dibedakan menjadi :
1)      Pasar konkret merupakan tempat berkumpulnya penjual dan pembeli untuk memperjualbelikan barang yang ada di pasar tertentu.
2)      Pasar abstrak merupakan pasar tidak nyata karena barang-barangyang diperdagangkan tidak berada di pasar, pedagang hanya menawarkan barang-barang atas jenis dasar contoh yang sudah ditentukan bentuk, jenis, dan kualitasnya.
c.       Berdasarkan Waktunya
1)      Pasar harian adalah pasar kegiatannya berlangsung setiap hari, penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi jual beli barangnya setiap hari.
2)      Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatannya diselenggarakan hanya satu minggu sekali, yaitu pada hari-hari tertentu.
3)      Pasar bulanan adalah pasar yang kegiatan jual belinya diilakukan sebulan sekali
4)      Pasar tahunan adalah pasar yang diselenggarakan hanya setahun sekali
d.      Berdasarkan Luar kegiatan Distribusi
1)      Pasar setempat biasanya menyediakan barang –barang yang dibutuhkan oleh konsumen yang bertempat tinggal sekitar pasar. Barang-barang yang diperjualbelikan barang-barang kebutuhan sehari-hari
2)      Pasar daerah pasar merupakan yang umumnya terdapat di kota administrative, kabupaten dan provinsi. Dalam pasar ini berkumpul para pedagang menengah yang melayani pedagang kecil dan eceran.
3)      Pasar nasional merupakan pasar yang memperjualbelikan barang-barang untuk kebutuhan konsumen secara nasional.
4)      Pasar International adalah pasar yang memperdagangkan barang-barang yang diminati oleh konsumen yang berasal dari seluruh dunia, dan tentunya berkualita satndar international
Perbedaan jumlah enjualan dan pembelian akan membentuk perbedaan strutur pasar. Struktur pasar juga akan mempengaruhi perilaku setiap pembelian terhadap perubahan harga barng atau jasa yang ada di pasar tersebut. Berikut merupakan bentuk-bentuk paar barang berdasarkan strukturnya.
a.       Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna merupakan suatu usaha dari pengusaha atau perseorangan yang dilakukan secara bebas dalam rangka menarik langganan. Persaingan akan terjadi apabila penjual dan pembe;I dalam jumlah besar mengadakan saling berhubungan secara aktif dengan masksud memaksimumkan keuntungn dan kepuasan ata dasar harga-harga yang ditentukan oleh penwaran dan permintaan. Cirri-ciri dari pasar persaingan sempurna adalah : 
1.        Jumlah penjual dan pembeli banyak
2.       Barang yang dijual bersifat homogeny
3.       Penjual brrsifat pengambilan harga
4.       Posisi tawar konsumen kuat
5.       Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
6.       Sensitive terhadap perubahan harga
7.       Mudah untuk masuk dan keluar pasar

b.      Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Suatu kondisi yang keberadaannya dipengaruhi oleh beberapa factor yang dominan, seperti
1.       Sebagian dari penjual dan pembeli kurang mengetahui kondisi pasar
2.       Penawaran suatu produk mempunyai sifat monopolistis
3.       Produk yang dihasilkan berbeda-beda
4.       Perbedaan reaksi dari penjual dan pembeli atas perubahan permintaan dan penawaran
5.       Adanya campur tangan pemerintah
Berikut ini adalah jenis-jenis pasar peraingan tidak sempurna, yaitu
1.       Pasar Monopoli
Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar hanya terdiri atas satu produsen atau penjual.Ciri-ciri pasar monopoli
-          Hanya ada satu penjual atau produen
-          Produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli
-          Monopoli umumnya dijalankan oleh pemerintah pada barang dan jasa berpengaruh pada hajat hidup orang lain
-          Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena Peraturan Undang-undang maupun sumber daya yang sulit didapati
-          Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya altern atif pilihan
-          Tidak dibutuhkan strategi dan promosi
2.       Pasar Oligopoli
Pasar oligopoly merupakan bentuk pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area tertentu. Berikut merupakan cirri-ciri pasar oligopoly,yaitu
-          Harga produk yang dijual relative sama
-          Keunggulan merupakan kunci sukses
-          Sulit masuk ke pasar karena butuh suber daya yang besar
-          Terdapat beberapa penjual yang menguasai pasar
-          Adanya kebergantungan yang kuat anatara perusahaan
3.       Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar monopolistic terjadin ketika jum;ah produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa atau sejenis. Namun memiliki konsumen produk tersebut berbeda-beda antara produsen yang satu dengan yang lain. Cirri-ciri pasar persaingan monopolistic:
-          Untuk berhasil diperlukan keunggulan bersaing
-          Merek yang menjadi cirri khas produk berbeda-beda
-          Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga
-          Relative mudah keluar masuk pasar
-          Terdapat banyak penjual, tetapi tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna
-          Terdapat kegiatan promosi
4.       Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni adalah pasar yang hanya terdiri atas seorang pembeli. Oleh karena itu, pada pasar monopoli hanya terdapat satu pembeli dengan banyak penjual. Cirri-ciri dari pasar monopsoni :
-          Harga barang tidak terlalu tinggi
-          Kualitas harga terjamin
-          Produsen merupakan pihak yang kurang menguntungkan
-          Konsumen merupakan pihak yang diuntungkan
5.       Pasar Oligopsoni
Pasar oligopsoni merupakan pasar yang dikuasai oleh lebih dari dua orang pembeli dengan pemasukkan dari sejumlah penjual. Ciri-ciri dari pasar ini adalah
-          Konsumen memiliki pengaruh terhadap harga
-          Terdiri atas penbeli besar dan pembeli kecil
-          Merupakan tempat pemusatan pembeli
-          Pasar Faktor produksi
6.       Pasar Tenaga Kerja
Pasar tenaga kerja adalah pasar yang terbentuk dari interaksi antara permintaan dan penawaran tenaga kerja. Pada perekonomian tertutup penawaran tenaga kerja pada dilakukan oleh rumah tangga, sedangkan pada perekonomian terbuka penawaran tenaga kerja juga dapat berasal dari asing atau luar negeri.
Sumber : ADVANCE LEARNING ECONOMICS 1 oleh Herlan Firmansyah, Romi Pernando, dan Agus Awaludin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar