Selasa, 13 Desember 2011

PERMINTAAN DAN PENAWARAN


Permintaan dan penawaran merupakan dua kekuatan utama yang menentukan harga. Oleh karena itu, untuk mamhami fungsi mekanisme pasar yang membentuk system harga perlu diketahui arti dan factor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penwaran.
Di pasar barang, pada saat baramg-baramg konsumsi diperjual belikan , harga barang ditentukan oleh interaksi antara permintaan yang akan datang terutama dari rumah  tangga konsumen. Kemudian penawran yang datang dari rumah tangga perusahaan.
·   PERMINTAAN
Permintaan adalah sejumlah barang atau jasa yang diminta dan dapat dibeli dalam berbagai tingkat harga pada periode tertentu. Pengertian tersebut menunujukkan bahwa permintaan berasal dari seseorang atau kelompok yang membutukan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Orang atau kelompok orang yang membutuhkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan tidak lain adalah konsumen. Banyak sedikitrnya sejuymlah permintaan barang yang diminta tergantung pad harga.
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah :
a.       Harga Baang itu sendiri : semakintinggi tingkat harga suatu barang, semakin sedikit barang yang diminati.
b.      Harga produk lain yang berhubungan : perubahan harga pokok lain yang memiliki hubungan subtitusi akan mengalihkan konsumen untuk membeli produk lain.
c.       Pendapatan Konsumen : hubungan antara pendapatan dan jumlah barang yang diminati bersifat searah. Hal ini, jika pendapatan konsumen naik konsumen tersebut akan meminta sejumlah barang yang lebih tinggi per unit waktu dan sebaliknya pernyataan tersebut berlaku terhadap barang norma.
d.      Selera dan Prefensi Konsumen : dapat mempengaruhi permintaan terhadap suatu barang jasa. Naiknya seleraakan mengakibatkan naiknya permintaan barang tersebut.
e.      Ekspetasi Masyarakat : perubahan atas perkiraan keadaan masyarakat pada masa mendatang akibat kebijakkan pemerintah tertentu. Misalnya, pemerintahan yang baru akan akan menaikkan harga BBM.
f.        Jumlah Konsumen : permintaan pasar merupakan semua penjumlahan dari permintaan individual. Dengan demikian, semakin banyak konsumen, maka jumlah permintaan pasar terhadap barang tersebut akan semakin banyak pula.

                Hukum permintaan dan Kurva Permintaan, permintaan dengan harga memiliki hubungan yang sangat erat karena kekuatan permintaan akan menentukan harga, sebaliknya tingkat harga akan mempengaruh tingkat permintaan. Naik turunnya harga akan berpengaruh terhadap nauk turunnya permintaan. Oleh karena itu, antara permintaan dengan harga memiliki hubungan fungsional.  
                HUKUM PERMINTAAN menyatakan “Makin rendah harga suatu barang, maka semakin banyak permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya, semakin tinggi harga suatu barang, maka semakin sedikit permintaan terhadap barang tersebut.”
                Berdasarkan hipotesis hokum permintaan dapat diambil kesimpulan, bahwa :
1.       Apabila harga suatu naik, pembeli akan mencari barang lain yang dapat digunakan sebagai pengganti barang tersebut. Begitu juga sebaliknya, apabila barang tersebut turun, konsumen akan menambah pembelian terhadap barang tersebut
2.       Kenaikkan hartga menyebakan pendapatan rill konsumen berkurang sehingga memaksa konsumen mengurangi pembelian, terutama barang yan akan naik harganya.
              Hubungan anatara harga dan jumlah barang yang diminta sisebut sebagai skedul atau table permintaan. Skedul atau table permintaan yang digambarkan secara grafik disebut sebagai kurva permintaan. Kurva permintaan merupakan gambaran hubungan harga barang yang bersangkutan dan jumlah barang yang diminta.

·            PENAWARAN
                    Penawaran dapat diartikan sebagai keseluruhan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan dalam sebagai tingkat harga yang berlaku di pasar pada satu periode tertentu. Dalm definisi tersebut terkandung hubungan antara jumlah barang dan jasa yang ditawarkan dengan tingkat harga. Hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan dapat dinyatakan dalam fungsi penawaran. Banyak sedikitnya jumlah barang yang ditawarkan tergantung pada harga. Juka harga barang naik, maka jumlah yang ditawrkan naik.
Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran barang dan jasa adalah sebagai berikut :
ü  Harga Barang Bersangkutan
Jika terjadi kenaikkan harga, akan meningkatkan jumlah penawaran. Jka harga mengalami penurunan, akan menurunkan barang yagng ditawarkan.
ü  Harga Barang Lain
Jika harga barang impor naik, masyarakat cenderung untuk membeli barang buatan dalam negeri sehngga mendorong perusahaan dalam negeri untuk menambah produksinya. Oleh karna itu, penawaran barang tersebut menjadi meningkat.
ü  Biaya Produksi
Jika biaya faktor produksi tinggi, peusahaan akan rugi, bahkan akan menutup perusahaannnya sehingga barang yang diproduksi akan turun. Oleh karena itu, faktor biaya produksi sangat berpengaruh sekali terhadap junmlah barang yang ditawarkan
ü  Tujuan Produksi
Setiap perusahaan memiliki tujuan memaksimumkan keuntungan sehungga menggunakn kapasitas produksinya secara maksimal, tetapi produksi pada tingkat kapasita yang maksimum menyebabkan penawaran sedikit.
ü  Tingkat Teknologi Kemajuan teknologi akan mengakibatkan produksi bertambah cepat, biaya produksi semakin rendah dan tentunya keuntungan akan bertambah.
                Adanya perubahan pada factor-faktor produksi yang menentukan penawaran, akan memengaruhi kurva permintaan. Apabila factor-faktor tersebut menyebakan terjadinya p-eningkatan terhadap penawaran barang dan jasa, kurva penawaran akan bergeser ke kanan dari kedudukannya semula.
                Jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga memiliki hubungan yang sangat erat, karena jumlah barang yang ditawarkan dengan harga memiliki hubungan yang sejajar. HUKUM PENAWARAN menyatakan : “Hukum penawaran pada dasarnya menyatakan bahwa semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh penjual. Senbaliknya semakin rendah harga suatu barang maka semakin sedikit jumlah barang tersebut ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar